Mualilah dengan BASMALLAH dan akhiri dengan HAMDALLAH

Sabtu, 28 April 2012

Prospek sarjana Teknik Informatika

Diposting oleh Ria Nur Handayani.S di 07.53
berhubung dari awal gw memang gak ada minat didisplin ilmu laen kecuali yg berhubungan dengan komputer,alhasil setelah gw lulus SMA maka gw pilih sekolah tinggi yang menawarkan program studi TEKNIK INFORMATIKA. karena program studi ini bisa dibilang baru khusuny diwilayah KALIMANTAN maka bertebaranlah sekolah tinggi2 yang mungkin menawarkan dispilin ilmu yg satu ini..saran gw buat adek2 yang mau masuk jurusan ini yang bingung memilih sekolah tinggi yang mana..
yg paling penting perhatikan masalah AKREDITAS.. knp gw bilang begitu karena pengalamn dulu abang gw masuk polisi yang dicari adalah AKREDITASI KAMPUS selain ijazah tentunya..untuk PNS paling gak AKREDITAS KAMPUASNY C ( yg gw tau dikalimantan seh begitu )
 percum umakan loe kuliah dan udah selesai terus baru tau kalo kampus loe belum terakreditasi..
nah..kalo loe mau cari kerja ntr diluar kalimantan sebaiknya cari yang akreditasi kampusny B..

nah..lanjut kepermasalan selanjutnya,..
jangan pernah berfikir kalo lulus dari sarjana tek,informatika cuma bisa buka servis komputer..ini hal yg paling gw sebelin tiap kali denger temen2 gw nanya "ntr buka servis komputer yah ya?", loe kira gw kuliah 4thn dengan titel S.Kom cuma mau bwt buka servis komputer ( walau kenyataannya sekarang teknisi komputer untuk wilayah kalimantan masih lanka ) gw browsing beberapa artikel dan silahkan loe baca sendiri tentang prospek kerja sarjana teknik informatika dan hasilnya mencenangakan loh asal kita punya skill yg oke dan kemauan keras mungkin bisa jadi salah saru dri yg dibawah ini

  1. Software Engineer
    Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
  2. System Analyst dan System Integrator
    Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

  3. Konsultan IT
    Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

  4. Database Engineer / Database Administrator
    Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.

  5. Web Engineer / Web Administrator
    Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

  6. Computer Network / Data Communication Engineer
    Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pen gelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.

  7. Programmer
    Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

  8. Software Tester
    Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.

  9. Game Developer
    Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

  10. Intelligent System Developer
    Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.
Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Teknik Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

Jadi makin semangat kan buat masuk dan kuliah di Teknik Informatika..! ^_^

1 komentar:

 

Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea